Korupedia: Museum Koruptor Indonesia

Friday, June 15, 2012

  Koruptor memang tak punya malu lagi. Hukuman tak akan membuat mereka enggan menyalip uang yang bukan hak mereka.

  Melihat korupsi yang telah membudaya dan mengakar di hampir instansi pemerintahan, para pegiat antikorupsi meluncurkan sebuah situs tentang korupsi di Indonesia atau tepatnya ensiklopedia tentang koruptor yang dinamakan Korupedia.

  Dikutip dari website resminya, Korupedia.com adalah sebuah ensiklopedia tentang korupsi di indonesia. Tujuannya adalah untuk membantu pembaca menemukan dan mempelajari informasi yang berguna tentang kejahatan tindak pindana korupsi di indonesia.


 Website dokumentasi ini diluncurkan oleh Transparency International Indonesia. Tujuannya adalah memberikan efek jera dan sanksi sosial kepada para koruptor dan juga sebagai langkah perlawanan praktik tindak pidana korupsi di Indonesia.

"Ensiklopedia didedikasikan sebagai ensiklopedia terbuka tentang korupsi di Indonesia. Sumber data kami yang akan kami terbitkan, putusan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht),"  ujar Sekjen TII, Teten Masduki.

 Semoga lancar dan bermamfaat ya... Soalnya ada kabar bahwa tak sedikit orang yang berusaha merusak dan menyerang website ini ketimbang mengaksesnya.

Hm jadi penasaran siapa koruptor pertama yang tampil di Korupedia. Kamu kah? :)

4 comments:

  1. wah kalo sekalian dirinci dengan nilai korupsi dan hasil korupsinya tentu akan lebih membuat jera sangsi sosial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saran bagus tuh...
      Kirim feedback segera :)

      Delete
  2. Isinya masih sedikit ya? Lebih banyak yang tertarik menjadi komentator dibandingkan kontributor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak berminat namanya tertera di list web itu? :p

      Delete