Ukuran Terkecil

Friday, December 14, 2012


Suatu kesempatan langka bila saya dan kakak bisa berkumpul dan berdiskusi berdua dengan sangat serius di suatu malam. Kenapa? Kakak saya selalu pulang kerja lebih malam dan bila sampai rumah, shalat isya dan menjatuhkan badan di tempat tidur adalah aktivitas terakhir.

Maka malam itu kami berdiskusi tentang satuan ukuran terkecil. Ini memang tidak ilmiah dan ditolak oleh para ilmuwan sains. Satuan terkecil dalam bahasa Minang.

Tahukah kamu satuan ukuran terkecil? Inti atom? Tentu. Namun adakah yang lebih sedikit dari "sedikit"?

Dalam bahasa Minang ada kata yang digunakan untuk menggambarkan ukuran yang paling sedikit, yang paling kecil dari kata sedikit. Kata tersebut tentu penting digunakan karena urgensi keakuratan ukuran itu sendiri.

Kata-kata itu (Kakak saya bilang) adalah sangenek. Selain itu ada juga sanginiang, sapalik dan saangin. Sangenek masih bersaudara dengan saketek. Bahasa Indonesianya sedikit. Namun dilihat dari unsurnya, saketek berasal dari gabungan sa-ketek. Ketek artinya kecil. Jadi kalo secara "polos" diterjemahin saketek berarti sekecil. Terdengar aneh kan. Makanya seketek itu berarti sedikit. Berarti Sangenek/saketek tidak lebih kecil ukurannya daripada Sedikit.

Sapalik berarti.....sedikit (juga) dan pemakaiannya dalam menunjukkan satuan agak berbeda dari kata saketek. Kalo saketek digunakan dalam menggambarkan  jumlah dan ukuran (size). Namun kalo sapalik saya belum tahu. hehee. Sapalik sulit diterjemahin kedalam bahasa Indonesia. Beneran deh. Mungkin kalo dikonversikan ke bahasa daerah lain sapalik mirip artinya dengan seiprit. Anda pasti mengerti maksud saya. Dan Sapalik itu lebih kecil dari Sedikit.

Lalu saangin. Berasal dari kata sa dan angin yang berarti se-angin. Nah.. saangin itu jauh lebih kecil daripada sapalik apalgi sedikit. Karena saking kecilnya "hanya" yang angin yang dapat meraba, mengukur dan menghitung ukurannya. Sungguh benar-benar sedikit. Misal, kamu sedang memarkir kendaraan. Tentu kamu tidak akan menyentuh bahkan menyenggol kendaraan lain di sekitarmu. Lalu temanmu akan memandu begini, " trus trus... sedikit lagi. Lagi lagi....". Nah jarak paling rapat antara kendaraan kamu dengan kendaraan lain itu bisa disebut saangin. Benar-benar angin yang bisa memastikan kendaraan kamu tidak menyentuh kendaraan lain dan itu tak terlihat ukuran jaraknya. Mengerti kan? :)

Hmmm bagaimana benar-benar ukuran terkecil kan? ^_^

__
Gambar dari sini 






No comments:

Post a Comment